Mengatasi Kemustahilan

6 Feb

Mat 19:26 “Bagi manusia hal itu tidak mungkin tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin”.
Metoda 4M Saat Teduh
Tahap 1 : Mulailah dengan penyembahan. Anda bisa mulai dengan menyanyikan lagu “Kumau cinta Yesus selamanya”, setelah masuk hadirat Tuhan nyatakanlah bahwa anda cinta akan Tuhan Yesus dan rindu untuk ada di hadiratNya.

Bacalah minimal 10x , Hafalkanlah ayat hafalan hari ini dan perkatakan Mat 19:26 Yesus memandang mereka dan berkata: “Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin.”
Tahap 2 : Renungkanlah firman Tuhan ini dan buatlah pertanyaan :
1.Hal mustahil apakah yang pernah anda alami ?
Isteriku pernah mengalami beberapa kejadian yang secara logika tidak mungkin yaitu : kami memiliki anak yang pertama yang sakit – sakitan terus dan bahkan mengalami flex paru-paru yang parah. Saat itu ia sendirian karena aku sedang tugas keluar kota. Dia dalam kondisi dimana ia tidak bisa melakukan apa – apa selain menangis dan berdoa kepada Tuhan. Di dalam kesendiriannya ia mempraktekan kuasa nama Yesus dengan terus berdoa dan menumpangkan tangan diatas kepala jojo. Setelah serangkaian test dan pengobatan medis dengan fisioterapi. Kondisi Jojo mulai membaik namun ia kurus sekali sehingga bila ia buka baju kita bisa melihat tulang paru parunya kelihatan. Banyak orang berkata “Mustahil anak ini bisa gemuk karena ia sangat kurus sekali apalagi ia pernah sakit parah”. Tetapi isteri saya tidak menyerah ia terus berdoa di dalam nama Yesus dan menumpangkan tangan di atas kepalanya, ia percaya ada kuasa di dalam nama Yesus bahwa jojo bisa gemuk dan montok. Setelah bertahun-tahun berdoa hingga jojo menginjak masa remajanya, doa kami dijawab dan ternyata gemuknya bukan main, ia tumbuh menjadi anak yang tinggi besar , gemuk dan montok. “Bagi manusia itu tidak mungkin tapi bagi Allah tidak ada hal yang tidak mungkin”.
2. Bagaimana anda mengatasi keraguan akan mustahil itu ?
Ketika kami mengalami pergumulan yang diluar kendali kami, kami tidak patah semangat dan menyerah. Kami bertekun di dalam doa dan menguatkan iman dengan memperkatakan firman dan menantikan Tuhan. Doa kami membutuhkan waktu bertahun tahun untuk dijawab dan bahkan terkadang doa kami belum dijawab hingga saat ini. Lalu apakah kami putus asa ? tentu tidak. Kami memvisualkan iman kami dengan membayangkan hal – hal yang baik saja yang akan terjadi dan benar saja Tuhan sanggup mengubah hal yang mustahil menjadi kenyataan. Aku juga pernah mengalami suatu penyakit yang secara logika mustahil untuk disembuhkan tapi karena kasih karunia Tuhan aku bisa kembali sehat dan membalik posisi dari situasi yang tidak mungkin menjadi mungkin. Lihatlah video kesaksian Yanto Wijaya Kusuma di koleksi video halaman ini.
3. Apa yang anda lakukan ketika hal mustahil itu mengalahkan anda ?
Mungkin anda bertanya-tanya apakah selalu saya mengalami kemenangan ? tentu saja tidak saya pernah mengalami masa-masa seperti nabi Elia dimana saya merasa lebih baik mati saja dengan cara bunuh diri karena begitu putus asanya saya ketika ditinggal sang kekasih dan ditinggalkan figur seorang Ayah. Itu adalah masa tergelap di dalam hidup saya. Hingga satu titik dimana saya tidak dapat berbuat apa apa / kondisi alpha. Bila tidak bertemu dengan saya secara pribadi, mungkin anda akan bertemu dengan saya di rsj grogol, tapi karena Tuhan Yesus baik, ia datang di alam bawah sadar saya dan berkata “Bangkitlan dan jadilah terang dunia.” Inilah titik balik dalam kehidupan saya yang mengatasi segala kemustahilan.
4. Solusi terbaik mengatasi kemustahilan ?
Kesalahan utama saya adalah saya terlalu berharap pada manusia dan menaruh segala pengharapan saya kepada mereka sehingga ketika saya kecewa maka segala pilar kehidupan saya hancur seketika. Oleh karena itu saya belajar untuk hanya berharap kepada Yesus yang adalah sahabat sejati saya yang tak pernah meninggalkan saya dan bahkan mengorbankan nyawaNya demi saya. Ketika saya dalam kondisi kemustahilan, mungkin saya tidak dapat melakukan apa – apa selain meneteskan air mata dan berteriak di dalam roh saya dan berkata “Tuhan Yesus tolong saya”. Ketika saya bersandar penuh kepada Tuhan Yesus di dalam doa, penyembahan dan firmanNya, saya menemukan solusi bahwa “ketika kita diam dan tinggal tenang di dalam hadirat Tuhan, maka aku menemukan kekuatanku” sehingga aku dapat menemukan jalan keluar untuk setiap permasalahanku yang aku rasa tidak mungkin itu.
5. Cari contoh Alkitab tentang hal yang mustahil.
Luk 1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”

Luk 1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.

Luk 1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

Luk 1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Luk 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,

Luk 1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”

Luk 1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”

Luk 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Luk 1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.

Luk 1:37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”

Renungkanlah Maria dan Elisabet mengalami kemustahilan. Bagaimana mungkin perawan Maria bisa hamil tanpa suami dan Bagaiman mungkin Elisabet yang sudah tua yang dikatakan mandul itu bisa hamil ? Jawabannya adalah : Luk 1:37 “Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.
Sahabat bila anda membaca renungan pagi ini, dimana anda mungkin mengalami kondisi kondisi yang mustahil maka kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, berharaplah pada Tuhan Yesus dan percayalah Ia sanggup melakukan hal yang mustahil.
Tahap 3 Melakukan firman.
Lakukanlah kebenaran firman ini dengan tetap beriman kepada Tuhan Yesus, bertekunlah di dalam doa dan nantikanlah Dia, lihatlah mujizat masih ada hingga kini.
Tahap 4 Membagikan firman.
Saya sudah membagikan sharing firman pengalaman hidup saya dan isteri saya. Bila anda merasa diberkati dengan renungan ini, bagikanlah kepada rekan-rekan anda baik di bbm, fb ataupun kepada keluarga anda, semoga renungan ini menjadi berkat bagi banyak orang dalam nama Yesus. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: