Yesus Adalah Pria Sejati (Jesus is A True Man)

1 Mar

Situasi Saat ini : Di Trans Tv ada acara berjudul “Suami-Suami takut Istri”. Sinetron ini mengisahkan bahwa suami – suami itu semuanya takut kepada isterinya. Mungkin kita bertanya – tanya mengapakah mereka takut sama isteri ? karena pria – pria itu dikisahkan melakukan satu kesalahan yaitu tidak setia kepada pasangannya sehingga para isteri menjadi begitu berkuasa untuk menghukum pria – pria itu dan para isteri harus bekerja keras untuk menjaga suaminya agar jangan selingkuh. Ketika sang isteri menangkap basah suaminya melakukan tindakan selingkuh, isteri menjadi sangat berkuasa dan dapat memerintah para suami melakukan apapun yang mereka mau. Bahkan tokoh yang terkemuka seperti pak RT tidak memberikan contoh yang baik dan malah berkompromi dengan dosa dan melakukan perbuatan selingkuh.

Seperti gambar diatas digambarkan ketika suami tidak berfungsi dengan baik, isteri menjadi berkuasa untuk marah kepada suami dan suami digambarkan sebagai pria yang ketakutan dan tunduk kepada isterinya.

Ketika sang suami melakukan suatu kesalahan / dosa, pria telah kehilangan identitas dirinya sebagai lelaki dan isteri karena merasa dirinya benar mengambil alih kekuasaan sebagai kepala keluarga dan menjadikan suaminya seperti pembantu. Di dalam suatu kasus dimana sang suami gagal dalam pekerjaan / bisnis sedangkan isteri bekerja keras dan menghasilkan banyak uang, suami kehilangan harga dirinya dan isteri karena merasa di atas lupa akan kodratnya untuk berada di bawah otoritas suami akhirnya menjadikan suaminya sebagai pembantu rumah tangga dan melakukan tugas tugas rumah tangga sedangkan ia banyak meluangkan waktu untuk eksis di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, bbm dan sebagainya.

Pria ketika kehilangan harga dirinya diakibatkan gagalnya di dalam pekerjaan sedangkan bila wanita lebih superior daripadanya, pria cenderung lebih memerlihatkan kekuasaan dengan serangan fisik kepada isteri. Hal ini dapat terjadi bila sang isteri lebih cerewet dari pada pria dan di dalam perdebatan yang sengit dimana mereka saling menyalahkan satu dengan yang lain. Isteri tidak berhenti henti berbicara dan pria merasa sangat amat terganggu terhadap kecerewetan dari kaum pria. Ketika wanita tidak mau didengarkan oleh pria, wanita mudah terluka dan sangat sensitif sehingga isteri cenderung cerewet dan memaksa pria untuk mendengarkannya. Sedangkan suami karena tidak mau mendengarkan isteri cenderung melakukan kekerasan fisik untuk membungkam isterinya agar diam.

Pria tidak hanya melakukan kekerasan fisik untuk membungkam kecerewetan wanita tetapi pria juga dapat memperlihatkan kekuasaan dan harga dirinya yang terluka dengan menggunakan kata-kata yang kasar dan menghancurkan hati wanita seperti sebuah tonjokan lidah yang langsung memukul isteri di hati yang di hatinya yang terdalam.

15

Di dalam sebuah kasus terjadilah perdebatan yang sangat sengit antara suami dan isteri dimana keduanya saling berdebat hebat dan tidak mau mengakui kesalahan masing-masing sedangkan isteri begitu cerewet dan tidak mau diam sehingga karena sangat marah dan lepas kendali, sang suami langsung mengambil air keras dan menyiramkannya ke wajah sang isteri.

Efesus 4:26

Konteks

TB (1974) ©
SABDAweb Ef 4:26
Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: w  janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu

original-sin-focus

Pada masa Adam dan Hawa, dimana mereka buah pengetahuan baik dan jahat. Ketika mereka sudah makan buah pengetahuan baik dan jahat. Mereka menyadari bahwa mereka telanjang sehingga mereka bersembunyi karena tidak dapat menutupi ketelanjangan mereka, Ketika bersembunyi, Tuhan Allah memanggil Adam dan menanyakan dimanakah Adam ? Adam menjawab bahwa ia menyadari ia telanjang sehingga bersembunyi dan Tuhan Allah bertanya “darimanakah engkau mengetahui bahwa engkau telanjang, apakah engkau makan buah pengetahuan baik dan jahat”. Kej 3:9-11

Adam menjawab “Perempuan yang Kau tempatkan disiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.”

Lalu Allah bertanya kepada perempuan itu “Apa yang telah Kau perbuat ?”

Hawa menjawab “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.”

Identitas Pria sebagai pria sejati hilang ketika dosa pertama kali hadir pada Adam dan Hawa di karenakan ketidak taatan mereka sehingga dari semenjak Adam dan Hawa, pria cenderung tidak mau mendengarkan isteri karena pada kisah Adam diketahui bahwa ketika mendengarkan isteri maka Adam jadi melakukan kesalahan sedang wanita berusaha keras untuk menguasai suami agar membuat suaminya mendengarkannya dan membuktikan bahwa apa yang dipikirkan suami itu salah dan apa yang dipikirkan isteri itu pasti benar sehingga isteri cenderung cerewet dan mendominasi suami. Sehingga lahirlah yang dinamakan Suami Takut Isteri / Suami di bawah Ketiak Isteri atau suami yang Otoriter dan Dominan.

1 Raj 21:1  Sesudah itu terjadilah hal yang berikut. Nabot, orang Yizreel, mempunyai kebun anggur di Yizreel, di samping istana Ahab, raja Samaria.

1 Raj 21:2  Berkatalah Ahab kepada Nabot: “Berikanlah kepadaku kebun anggurmu itu, supaya kujadikan kebun sayur, sebab letaknya dekat rumahku. Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur yang lebih baik dari pada itu sebagai gantinya, atau jikalau engkau lebih suka, aku akan membayar harganya kepadamu dengan uang.”

1Raj  21:3  Jawab Nabot kepada Ahab: “Kiranya TUHAN menghindarkan aku dari pada memberikan milik pusaka nenek moyangku kepadamu!”

1Raj 21:4  Lalu masuklah Ahab ke dalam istananya dengan kesal hati dan gusar karena perkataan yang dikatakan Nabot, orang Yizreel itu, kepadanya: “Tidak akan kuberikan kepadamu milik pusaka nenek moyangku.” Maka berbaringlah ia di tempat tidurnya dan menelungkupkan mukanya dan tidak mau makan.

1 Raj  21:5  Lalu datanglah Izebel, isterinya, dan berkata kepadanya: “Apa sebabnya hatimu kesal, sehingga engkau tidak makan?”

1 Raj 21:6  Lalu jawabnya kepadanya: “Sebab aku telah berkata kepada Nabot, orang Yizreel itu: Berikanlah kepadaku kebun anggurmu dengan bayaran uang atau jika engkau lebih suka, aku akan memberikan kebun anggur kepadamu sebagai gantinya. Tetapi sahutnya: Tidak akan kuberikan kepadamu kebun anggurku itu.”

1 Raj 21:7  Kata Izebel, isterinya, kepadanya: “Bukankah engkau sekarang yang memegang kuasa raja atas Israel? Bangunlah, makanlah dan biarlah hatimu gembira! Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu.”

1 Raj 21:8  Kemudian ia menulis surat atas nama Ahab, memeteraikannya dengan meterai raja, lalu mengirim surat itu kepada tua-tua dan pemuka-pemuka yang diam sekota dengan Nabot.

1 Raj 21:9  Dalam surat itu ditulisnya demikian: “Maklumkanlah puasa dan suruhlah Nabot duduk paling depan di antara rakyat.

1 Raj 21:10  Suruh jugalah dua orang dursila duduk menghadapinya, dan mereka harus naik saksi terhadap dia, dengan mengatakan: Engkau telah mengutuk Allah dan raja. Sesudah itu bawalah dia ke luar dan lemparilah dia dengan batu sampai mati.”

1 Raj 21:11  Orang-orang sekotanya, yakni tua-tua dan pemuka-pemuka, yang diam di kotanya itu, melakukan seperti yang diperintahkan Izebel kepada mereka, seperti yang tertulis dalam surat yang dikirimkannya kepada mereka.

1 Raj 21:12  Mereka memaklumkan puasa dan menyuruh Nabot duduk paling depan di antara rakyat.

1 Raj 21:13  Kemudian datanglah dua orang, yakni orang-orang dursila itu, lalu duduk menghadapi Nabot. Orang-orang dursila itu naik saksi terhadap Nabot di depan rakyat, katanya: “Nabot telah mengutuk Allah dan raja.” Sesudah itu mereka membawa dia ke luar kota, lalu melempari dia dengan batu sampai mati.

1 Raj 21:14  Setelah itu mereka menyuruh orang kepada Izebel mengatakan: “Nabot sudah dilempari sampai mati.”

Raja Ahab adalah raja yang sangat berkuasa dan dia dapat melakukan apapun yang dia mau tetapi ketika ia tidak mendapatkan apa yang diinginkan , ia merajuk dan murung seperti seorang anak kecil. Dan ratu Izebel melihat suaminya tidak berdaya maka Ia mengambil alih kekuasaan suaminya itu untuk mendapatkan apa yang sangat di inginkan suaminya walaupun harus dengan cara yang sangat keji dengan membuat Nabot difitnah oleh orang orang dursila dan dilempari batu hingga mati. Karena begitu jahatnya ratu Izebel sehingga ia mati di lempar dari tembok Yizrel dan anjing anjing meminum darahnya.

The_Death_of_Jezebel

Lalu seperti Apakah Pria sejati itu seharusnya ?

Ef 5:22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
Ef 5:23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
Ef 5:24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

grandpa

Yesus adalah Pria Sejati karena Yesus taat sampai akhir kepada Bapa di Sorga, Yesus mau menanggung kesalahan semua dosa manusia sekalipun  ia tidak melakukan dosa satupun dan Ia tidak seperti Adam pertama ataupun Hawa yang tidak mengakui kesalahannya. Yesus menjadi berdosa karena menanggung dosa dosa kita. Saat di taman Getsemani ia berkata bukan kehendakku yang jadi tetapi jadilah kehendakMu. Yesus adalah Pria sejati karena ia mau bertanggung jawab dan mengambil otoritas itu dan melakukan kehendak Allah.
Sobat Yesus adalah Pria sejati dan setiap kita yang telah menerima Yesus telah dikuduskan disucikan dan disempurnakan menjadi gambaran seperti Yesus. Maukah kita menjadi seperti Yesus ?
Kumau spertimu Yesus di sempurnakan selalu….
Kumau spertimu Yesus di sempurnakan selalu….
Kumau spertimu Yesus di sempurnakan selalu….
Dalam segenap hidupku menyenangkah hatimu….
jesus-true-man

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: