Mendengar Suara Tuhan

23 Feb

Kel 33:1  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Pergilah, berjalanlah dari sini, engkau dan bangsa itu yang telah kaupimpin keluar dari tanah Mesir, ke negeri yang telah Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub, demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu–

Kel  33:2  Aku akan mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu dan akan menghalau orang Kanaan, orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus–

Kel  33:3  yakni ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madu. Sebab Aku tidak akan berjalan di tengah-tengahmu, karena engkau ini bangsa yang tegar tengkuk, supaya Aku jangan membinasakan engkau di jalan.”

Kel 33:4  Ketika bangsa itu mendengar ancaman yang mengerikan ini, berkabunglah mereka dan seorangpun tidak ada yang memakai perhiasannya.

Kel 33:5  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Katakanlah kepada orang Israel: Kamu ini bangsa yang tegar tengkuk. Jika Aku berjalan di tengah-tengahmu sesaatpun, tentulah Aku akan membinasakan kamu. Oleh sebab itu, tanggalkanlah perhiasanmu, maka Aku akan melihat, apa yang akan Kulakukan kepadamu.”

Kel 33:6  Demikianlah orang Israel tidak memakai perhiasan-perhiasan lagi sejak dari gunung Horeb.

Kel 33:7  Sesudah itu Musa mengambil kemah dan membentangkannya di luar perkemahan, jauh dari perkemahan, dan menamainya Kemah Pertemuan. Setiap orang yang mencari TUHAN, keluarlah ia pergi ke Kemah Pertemuan yang di luar perkemahan.

Kel 33:8  Apabila Musa keluar pergi ke kemah itu, bangunlah seluruh bangsa itu dan berdirilah mereka, masing-masing di pintu kemahnya, dan mereka mengikuti Musa dengan matanya, sampai ia masuk ke dalam kemah.

Kel 33:9  Apabila Musa masuk ke dalam kemah itu, turunlah tiang awan dan berhenti di pintu kemah dan berbicaralah TUHAN dengan Musa di sana.

Kel 33:10  Setelah seluruh bangsa itu melihat, bahwa tiang awan berhenti di pintu kemah, maka mereka bangun dan sujud menyembah, masing-masing di pintu kemahnya.

Kel 33:11  Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Kel 33:12  Lalu berkatalah Musa kepada TUHAN: “Memang Engkau berfirman kepadaku: Suruhlah bangsa ini berangkat, tetapi Engkau tidak memberitahukan kepadaku, siapa yang akan Kauutus bersama-sama dengan aku. Namun demikian Engkau berfirman: Aku mengenal namamu dan juga engkau mendapat kasih karunia di hadapan-Ku.

Kel 33:13  Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu.”

Kel 33:14  Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”

4 Langkah Untuk Mendengar Suara Tuhan :
1. Bacalah Kel 33:1-14 secara cepat, lalu ulangilah kedua kali dengan lambat (usahakan baca lebih dari satu kali).

2. Dari teks Kel 33:1-14, lihatlah ada frase / kata – kata yang berkesan yang seakan akan berbicara langsung kepada kita. Contoh :

Kata pergilah Keluar -> bertindak untuk melakukan firman Allah artinya melangkah jangan diam di tempat.

Ke negri yang di janjikan -> artinya Tuhan telah menyediakan suatu tempat yang baru yang tidak kita tahu sebelumnya dan sama sekali kita belum pernah ke sana.

Janji Allah dengan Sumpah -> artinya janji Allah pasti ditepati. Manusia sering ingkar janji tetapi Allah tidak pernah ingkar janji.

3. Mulailah dengan Doa. Tanyakan kepada Tuhan, melalui firman ini apakah yang hendak Ia katakan kepadamu dan buatlah komitmen untuk melakukannya dalam kehidupan sehari hari :).

4. Dari teks Kel 33:1-14, Hidupilah Firman Tuhan artinya buatlah seolah olah firman itu bukan cuma berbicara kepada Musa tetapi berbicara langsung kepada kita untuk menegur kita dan mengingatkan akan janji – janji Allah. Satu hal yang paling penting setiap hikmat dan percakapan dengan Tuhan di batinmu harus dicatat :).

Contoh : Perhatikan dengan sangat teliti. Allah memerintahkan pergi tetapi ALLah tidak menyertai secara langsung, yang diutus hanya malaikatnya 🙂 artinya tanpa kita sadari, kita telah kehilangan hadirat Allah yang menyertai kita bukan Allah sendiri tetapi malaikat ?

Buat Refleksi : Apakah kesalahan kita sehingga Allah tidak sudi untuk menyertai secara langsung.
Terus berlanjut ke ayat selanjutnya yang berbicara tegar tengkuk -> itu artinya kita hanya mau mendengar dan menikmati jawaban doa saja tetapi tidak mau mentaati firman Allah.

Lalu apa yang harus kita lakukan ?
– Kita harus bertobat. Disini ada Frase yang menarik yaitu melepaskan perhiasan artinya : perhiasan digunakan untuk menaikan harga diri seorang ketika memakainya yang membuat kita merasa lebih berharga karena mengenakan perhiasan yang sangat mahal harganya. Kata melepaskan perhiasan disini berarti kita tidak bergantung kepada harta dunia tetapi hanya bergantung sepenuhnya kepada Tuhan dan bukan bergantung pada harta dunia.

Langsung ke ayat selanjutnya di ayat ke 7.
Tidak hanya sampai ke pertobatan saja dan kita membutuhkan Tuhan. Selanjutnya Musa membuat kemah pertemuan yang melambangkan bait suci. Disini kita harus membangun hubungan yang intim dengan Tuhan dengan mencariNya setiap hari.

Ayat ke 8-9. Ketika Musa masuk ke kemah pertemuan yaitu bait suci Allah maka turunlah tiang awan. maka berbicaralah Musa dengan Tuhan. Sobat datanglah ke hadirat Tuhan di dalam nama Yesus maka kita akan merasakan adanya tiang awan yaitu melambangkan damai sejahtera dan sukacita.

Ayat ke 10. Sujud Menyembah artinya ketika kita masuk hadirat Tuhan di dalam nama Yesus jangan langsung minta seperti pengemis tetapi mulailah dengan sujud menyembah sampai kelantai melambangkan ketidak berdayaan kita dan hanya meninggikan nama Tuhan Yesus.

Ayat ke 11. Tuhan berbicara dengan Musa seperti seorang teman. Sekarang tutup mata kalian bayangkan Yesus di depanmu lagi ngobrol denganMu, kamu bebas ceritain segala unek unek yang ada di hatimu dan rasakan Yesus akan membelai dan menghiburmu melalui Roh KudusNya.

Ayat ke 11b Yosua bin Nun tidak meninggalkan kemah ? Ini berarti ketika kita berbicara dengan Tuhan seringkali orang di sekitar kita akan merasakan hadirat Tuhan sehingga orang itu pun merasa tenang dan damai dan ia tidak mau meninggalkan tempat dimana ada Hadirat Tuhan.

Ayat ke 12 Sangat penting bagi kita untuk menanyakan langsung kepada Tuhan seperti Musa kenapa Tuhan tidak menyertai kita secara langsung padahal Tuhan berkata bahwa kita beroleh Kasih Karunia Tuhan ?

Ayat 13-14 adalah Ayat Kunci dan titik klimaks (point paling penting).

Kel 33:13  Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, -> Sangat penting kita meminta TUhan menujukkan jalan kepada kita melalui FirmanNya.

sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. -> Tujuannya adalah agar kita Mengenal Tuhan & beroleh kasih karunia di hadapan Tuhan.

Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu.” -> artinya kita adalah milik Tuhan.

Kel 33:14  Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”  -> ini berarti Tuhan sendiri yang membimbing dan memberikan kepada kita ketentraman dan dalam hal ini inilah Immanuel yaitu Yesus di perjanjian baru yang merupakan kegenapan dari Kel 33:14. Pada masa lalu penyertaan Tuhan hanya di tampilkan seperti tiang awan dan tiang api dan pada perjanjian baru bukan hanya itu tetapi pribadi Allah seutuhnya yaitu Yesus Kristus.

Selamat mencoba untuk mendengarkan suara Tuhan. Kiranya renungan ini dapat menjadi berkat. JBU.

========================================
Merasa di berkati, berkatilah pelayanan Kasih SetiaNya dengan berbelanja di Butik Ella di https://www.facebook.com/groups/ButikElla/ atw kirimkan berkat Anda secara langsung untuk mewujudkan impian Kasih SetiaNya untuk membuka gereja GBI Kasih Setia di ke BCA an : Yanto Wijaya Kusuma no 3452628705.
Berapapun berkat yang anda kirimkan sangat memberkati pelayanan Kasih SetiaNya. Terima Kasih Tuhan Yesus Memberkati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: