Hidup Tanpa Penyesalan

30 Jan

Jangan anggap enteng didikan Tuhan, dan jangan putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya. Ibrani 12:5


image

Seorang  wanita tanpa sengaja menjual perhiasan keluarga yang sangat berharga hanya seharga 10 sen. Itu terjadi setelah ia mengambil perhiasan tersebut dari kotak penyimpanan di bank untuk dipakai si sebuah pesta pernikahan. Sepulang dari pesta, bank sudah tutup, lalu ia menaruh perhiasan tersebut dalam sebuah kotak alat cuku kuno dan melupakannya.

Suatu hari ia memberikan kotak alat cukur tersebut kepada seorang teman yang sedang mengumpulkan  barang – barang yang tak terpakai untuk dijual di pasar murah. Ketika wanita itu menyadari apa yang telah dilakukannya, permatanya yang sangat berharga telah dijual kepada seorang pembeli tidak dikenal dengan harga yang sangat murah.

Kepedihan wanita di atas serupa dengan kepadihan Esau. Ia juga merasakan seperti apa ketika tiba-tiba menyadari bahwa miliknya yang sangat berharga telah hilang (Kej 25:29-34). Keputusannya yang keliru dan penderitaan yang kemudian dialaminya  dapat menjadinpelajaran yang berharga baginorang Kristen. Ibrani 12 mengajarkan bahwa jika kita mengalami kepahitan ketika menerimakoreksi karena dosa kita,  kita akan kehilangan manfaat didikan Allah (ayat 5). Dan kehilangan semacam itu lebih merugikan dibandingkan kehilangan permata yang mahal.

Bagaimana kita dapat menghindari kehilangan yang tidak diharapkan ? Ketika kita berdosa, kita harus mau belajar dari koreksi Allah (ay. 11), menunjukkan semangat (ay. 12-13), dan memperbarui hidup rohani kita (ay. 14). Jika kita menanggapi hukuman Bapa yang mendidik, kita dapat menikmati kehidupan tanpa penyesalan. -MRD II

Jika engkau memberontak dan berpaling
Darinapa yang kau tahu sebagain kebenaran
Berserahlah kepada Allah, Dia akan mengampuni –
Dia masih mempunyai tugas bagimu. -Sper

Anda tak dapat melepaskan dosa Anda, jika Anda belum membereskannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: