Sediakanlah Waktu, Kuduskanlah Hari Sabat

8 Apr

Apakah yang kita tahu ketika mendengar hari Sabat ? Kebanyakan yang kita tahu hari Sabat adalah hari perhentian atau istirahat dari segala aktivitas kita.

Pada masa Tuhan Yesus, pengertian sabat sebagai hari beristirahat dan menyediakan waktu buat Tuhan telah ditambahkan dengan berbagai macam aturan yang menyulitkan bahkan tidak boleh berbuat baik pada hari Sabat.

Mat 12:9-14

Pada hari Sabat, para ahli farisi mencari cara untuk menyalahkan Yesus. Di Bait Allah ada seorang yang mati tangannya. Tetapi orang farisi tidak peduli padanya dan malah mempertanyakan “Bolehkah menyembuhkan orang pada hari sabat ?”.

Yesus memberi ilustrasi jika ada anak domba jatuh ke dalam lobang pada hari sabat, apakah kita tidak turun dan menolongnya ?

Demikian pula dengan Yesus, Ia meminta orang yang mati tangannya untuk mengulurkan tangan-Nya dan orang itu pun menjadi sembuh.

Sabat memiliki arti untuk menyediakan waktu buat Tuhan dan mengasihi sesama.

Ada satu ilustrasi seorang Bapa dan seorang anak tidak pernah punya waktu satu sama lain. Sampai terjadi kecelakaan yang menimpa sang Bapa. Sang anakpu menyesal karena tdk menyediakan waktu buat Bapanya.

Ada satu kisah lain yaitu tentang seorang Ayah yang adalah seorang pengacara. Ia biasa dibayar 30 dolar per jam. Suatu hari sang anak ketahuan mencuri uang ayahnya 5 dolar. Setelah sang anak menerima hukuman, sang anak berkata “Ayah, maaf saya mencuri uang ayah 5 dolar, saya sudah berusaha bekerja sampingan mencuci motor, saya sudah mengumpulkan uang 25 dolar ditambah 5 dolar yang saya curi. Ini Ayah uang 30 dolar saya mau membeli uang ayah satu jam saja.

Sobat Kasih Setia. Hari Sabat adalah hari untuk menyediakan waktu buat Tuhan, kelurga, dan mengasilhi sesama agar kehidupan kita semakin diberkati. Happy Sunday. Selamat Hari Paskah. JBU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: