Mengapa Kita Membaca Alkitab ?

25 Nov


Oleh : Yulianto Wijaya Kusuma, S. Comp.

Yer 15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Jeremiah 15:16 Your words were found, and I ate them, and Your word was to me the joy and rejoicing of my heart; for I am called by Your name, O Lord God of hosts. (LITV).

Suatu hari, istriku menanyakan sebuah pertanyaan yang di tanyakan temannya di gereja. Pertanyaan itu membuatnya bingung dan dia menanyakan pertanyaan yang sama kepada saya. Pertanyaannya :

“Mengapa kamu membaca Alkitab ? Pada mulanya aku berpikir “Pertanyaan macam apa ini ? Kita semua tahu kenapa kita membaca Alkitab.” Seorang yang percaya kita tahu pertanyaan ini atau paling tidak memiliki jawabannya … apakah saya benar ? Apakah maksud pertanyaan ini ataukah suatu pertanyaan yang menjebak ? Tetapi istri saya tetap bertanya kepada saya dan menunggu jawaban saya. Setelah saya pikirkan mengenai hal itu, Saya menyadari jawabannya tidaklah terlalu jelas, dan tidak mudah.

Jadi, Saya mengambil waktu teduh dan bertanya kepada Tuhan untuk menolong saya dalam memberi jawaban. Ayat Alkitab datang ke pikiran saya, salah satu ayat hidup saya, “Perkataan-Mu ditemukan dan aku memakannya, dan kepada saya membawa sukacita dan hati yang bergembira.” (Terjemahan Yeremia 15:6 ISV). Respon saya sangat singkat dan benar ketika saya mengatakan ayat Alkitab ini dan mengatakan bahwa tanpa Firman Tuhan, saya akan mati. Perkataan-Nya adalah roti hidup saya setiap hari, air kehidupan saya dan nafas yang saya hirup. Saya tidak dapat hidup tanpa kebutuhan pokok yang disediakan melalui Sesuatu Yang berharga yaitu Firman Yang Hidup.

Dan dengan segera saya menemukan diri saya begitu sering untuk menginginkan lebih, menjadi lapar dan sangat lapar akan Dia dan saya tahu betapa menderitanya saya tanpa pengisian-Nya yang terus menerus. Di dalam membaca firman-Nya, saya menemukan kekuatan untuk bertahan melalui hari – hari sebagai anak Tuhan. Aku menemukan kebijaksanaan dalam melakukan keputusan harian. Aku menemukan sukacita yang lebih dari apa yang dunia tawarkan. Dan saya menemukan kedamaian karena saya tahu bahwa seseorang benar – benar mengasihi saya, tanpa memperdulikan kekurangan saya. Ketika saya mendisiplikan diri saya sendiri untuk membaca firman-Nya, saya tidak hanya menemukan jawaban… saya menemukan Tuhan Yesus.

Bagaimanakah Engkau menjawab pertanyaan ini ? Mengapa engkau membaca Alkitab. Pergilah kepada Tuhan melalui doa untuk menemukan jawaban. Tanyakan pada-Nya untuk memberi makan kamu dengan perkataan-Nya , menuliskannya pada loh hatimu dan memenuhi hatimu dengan sukacita dan kegembiraan. Jika kamu belum membuka Alkitabmu sekarang, mulailah hari ini … Kamu akan terkejut dengan apa yang akan kamu temukan. Dan kamu tidak akan pernah tahu seseorang bertanya kepadamu, “Mengapa kamu membaca Alkitab ? pikirkan itu, dan berdoalah untuk jawabannya hari ini.


 

Tinggalkan Balasan

