Apa Sih Sebenarnya berdoa itu ?

23 Nov

Syalom Sobat Terkasih di Dalam Kristus Yesus,

Saya ingin menceritakan pengalaman saya ketika saya mengajar sekolah minggu hari minggu kemarin tgl 19 November 2011. Saya menemukan sukacita yang luar biasa ketika saya mengajarkan kepada anak – anak sekolah minggu mengenai doa yang mendesak yang dijawab oleh Tuhan. Demikianlah ringkasan kotbahnya :

Adik-Adik Sekolah Minggu, adakah yang tahu apakah artinya berdoa ?

Ada yang menjawab : Doa itu adalah meminta, doa itu permohonan dan lain-lain. Semua yang adik – adik jawab benar tapi nanti dulu, kalo dikatakan doa itu minta-minta lalu apakah doa itu sama seperti pengemis. Apakah adik – adik mau menjadi pengemis ? Tentu tidak, bukan. Lalu doa itu seperti apa sih ? Mari adik-adik kita buka kebenaran firman Tuhan di

Lukas 11:2 “Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.

Jadi apakah artinya : Berdoa haruslah kepada BAPA DI SORGA. Artinya kita tidak boleh salah alamat kaya lagunya Ayu Ting Ting. Lalu dikatakan doa itu harus dikuduskanlah nama-Mu, apakah artinya ? Sebelum berdoa kita harus minta ampun dahulu kepada Bapa Di Sorga jika kita telah berbuat dosa dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Contoh : Kalo kita minta hadiah sama papa kita, bukankah kalo kita bersalah, apapun yang kita minta tidak dikabulkan demikian pula dengan Bapa Di Sorga. Dan yang terpenting dalam berdoa / meminta / memohon kepada Bapa di Sorga haruslah datanglah kerajaan-Mu, ini artinya apapun yang kita minta haruslah sesuai dengan kehendak Bapa Di SORGA.

Lukas 11:3-4 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.”

 

Artinya : Dalam meminta kepada Bapa, yang kita minta haruslah apa yang benar-benar kita butuhkan dan bila kita ada kesalahan kita harus minta ampun dan harus mengampuni sesama yang bersalah kepada kita dan kita tidak boleh menaruh dendam.

 


 

Ada Seorang musafir yang berjalan jauh suatu hari pada tengah malam, ia datang ke rumah sahabatnya. Musafir itu sangat lapar dan meminta makanan pada sahabatnya, tetapi karena dirumah tidak ada makanan dengan terpaksa ia pergi ke rumah sahabatnya yang lain untuk meminta makanan. “Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya;”

 

Masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab : ” Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara.”

 

Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya.

 

Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

 

Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

 

Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan?

 

Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking?

 

Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”

 

Keterangan : Sikap yang tidak malu dalam bahasa inggris adalah : Importunity yang artinya meminta dengan sangat tidak mengenal lelah dan tidak mengenal waktu dan keadaan. Diilustrasikan dengan mengetuk pintu, dengan ketukan berulang-ulang pastilah pintu akan dibuka.


 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: