Bergumul Dengan Allah

20 Okt

KEJADIAN 32:22-32

“Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan lagi disebutkan Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah ber gumul melawan Allah dan manusia dan engkau menang” (ayat 28).  

Rasa takut untuk bertemu dan menghadapi kakaknya membuat Yakub gelisah sehingga sekalipun hari masih malam ia memaksa untuk menyeberangkan istri-istri, anak-anak dan segala miliknya dan iapun tingal seorang diri dikemah dimana ia bermalam.

Dalam kesendiriannya mempersiapkan mental untuk bertemu kakaknya, seorang laki-laki dating dan bergulat dengannya sampai fajar menyingsing. Cukup aneh, seorang Yakub yang dulunya orang yang tenang dan suka tinggal dikemah, mampu bergulat sekian lama dan tidak berhasil dikalah kan.

Mungkin itulah hasil secara fisik dari pekerjaannya selama dua puluh tahun di rumah Laban. Dan pergulatan Yakub malam itu tidak menjadi sia-sia sekalipun sendi pahanya terpelecok dan menjadi pincang karena dipukul orang tersebut, tapi ia juga mendapat berkat, yaitu namanya yang baru, Israel, sebab ia telah bergumul melawan Allah dan manusia dan ia menang.

Bergumul, memang itulah hal yang seharusnya kita lakukan manakala tantangan dan kesulitan datang menghadang. Kita tidak bergumul secara fisik seperti Yakub, tapi lebih pada mengalahkan hawa nafsu sendiri dalam mencari kehendak Tuhan, menemukan pertolongan yang daripada-Nya.

Menyerahkan segala perkara dan kekuatiran kita pada-Nya adalah sebuah pergumulan, karena hal itu berarti kita harus rela menomorduakan keinginan kita sendiri.

Dan bila kita sudah bergumul bukan berarti masalah selesai, masalah harus tetap kita hadapi, tapi akan kita hadapi bersama dan dalam kekuatan Allah.

Memang manusia harus bergumul dibumi dan hari-harinya seperti orang upahan, maka pergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya (Kolose 1:29).

PERGUMULKAN SEGALA PERKARA DIDALAM DOA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: